Jumat, 05 Juli 2013

Analisa Kebutuhan Infrastruktur Pejalan Kaki (Trotoar) danPenentuan Nilai Level of Service di Jalan Dr. Setia Budi Pasar Baru Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu

Analisa Kebutuhan Infrastruktur Pejalan Kaki (Trotoar) danPenentuan Nilai Level of Service di Jalan Dr. Setia Budi Pasar Baru Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu
 
Oleh: Rooswinany Mutiara Hartawanty 
 
Abstract
 
Pasar Baru area Baturaja a travel destination because of a bona fide appeal as a shopping and trade center. As one of the shopping centers and trading activities are mostly done on foot. Therefore, it is necessary to have the effort to provide space for a pedestrian sidewalk. Sidewalk is located adjacent to the lane vehicle traffic lane, which is specifically used by pedestrians. This research will use data analysis descriptive qualitative and quantitative methods. Based on survey results and data obtained through analysis of the results of questionnaires aimed at pedestrians and people who are planted in the research, then we got the result that there is a linear relationship between the needs of society, the condition of the existing pavement with sidewalk role. These include the location where LOS A is based on the volume of pedestrian flows. 

Keywords: Vehicles, sidewalks, traffic, level of service

Pendahuluan
Kawasan Pasar Baru Baturaja merupakan tujuan perjalanan karena mempuyai daya tarik sebagai pusat pertokoan dan perdagangan. Sebagai salah satu pusat pertokoan dan perdagangan maka aktifitas yang banyak dilakukan adalah berjalan kaki. Oleh karena itu maka diperlukan adanya upaya penyediaan ruang untuk pejalan kaki berupa trotoar. Trotoar merupakan bagian dari pada rekayasa jalan raya, dengan maksud untuk membagi jalur yang tertib antara jalur kendaraan dan jalur pejalan kaki. Trotoar harus disediakan pada bagian jalan raya, mengingat fungsi trotoar adalah jalur jalan yang khusus dipergunakan untuk lalu lintas pejalan kaki (pedestrian), maka dapat diartikan bahwa trotoar merupakan hak jalur lalu lintas yang dipergunakan hanya untuk pejalan kaki. Kebutuhan infrastuktur pejalan kaki (trotoar) dikawasan pasar sebaiknya dirancang dengan mempertimbangkan keselamatan, kelancaran, dan kenyamanan pejalan kaki. Sehubungan dengan hal tesebut maka nantinya jalur pejalan kaki yang ada perlu dianalisa agar dapat diketahui tingkat pelayanan (Level of Service) dari pejalan kaki yang telah ada. Permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah: “bagaimana mengidentifikasi kebutuhan infrastruktur (trotoar) pejalan kaki serta bagaimana mengidentifikasi tingkat pelayanan atau level of service pejalan kaki di jalan Dr. Setia Budi Pasar Baru Baturaja”. Adapun tujuan penelitian ini adalah:
a. Mengidentifikasi kebutuhan infrastuktur pejalan kaki ( trotoar ) di jalan Dr. Setia Budi Pasar Baru Baturaja.
b. Mengidentifikasi tingkat pelayanan atau Level of Service (LOS) untuk pejalan kaki.
Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi kepada pihak pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu dalam hal pengembangan kota Baturaja agar lebih optimal.

0 komentar:

Posting Komentar