Jumat, 05 Juli 2013

Kajian Kebutuhan Parkir Bus Antar Kota di Terminal Baturaja

Kajian Kebutuhan Parkir Bus Antar Kota di Terminal Baturaja
Oleh: Priyadi Hengki  

Abstract 

Terminal is the interchange beginning and end of a trip change modes from one mode to another mode. Baturaja Terminal is A terminal type, function to serve public transport for inter-city transportation between provinces, inter-city transportation in the province, city transport, and rural transportation. From the above-mentioned problems, hence the need for the study of parking needs in the Baturaja Terminal, which includes parking Inter City Inter Province bus (AKAP), Inter-City bus parking in the province (AKDP) Rural Transport bus parking (ADES). The research objective is to assess and analyze the needs of parking spaces, parking accumulation, parking index, the volume of parking, parking duration, parking turn over public transit bus Baturaja Terminal. The method used by descriptive analysis. Research phases: the preparation phase, data collection, data processing, data analysis, discussion, and conclusions. Of analysis and discussion, it can be concluded: Model 90o angle parking. Parking eastward: highest accumulation 87 vehicles, parked highest index 81%. volume of 1128 vehicles parking and turn over parking 10. Westbound parking: highest accumulated 36 vehicle parking, parking highest index 128%. Volume 579 westbound vehicle parking and turn over 20.7 parking. Of analysis should be the expansion bus terminal parking lot westbound 462 m2. In order to qualify need comfort and parking management arrangement in accordance with existing standards. 

Keywords: parking, bus terminal, parking volume 

Pendahuluan 
Baturaja terletak di Propinsi Sumatera Selatan mempunyai lokasi yang sangat strategis terhadap lalulintas nasional, terutama yang lewat jalur Lintas Trans Sumatera. Hal ini disebabkan Baturaja merupakan titik simpul lalu lintas kendaraan yang datang dari Propinsi Lampung, Kabupaten Muara Enim, Kota Prabumulih ke Kota Palembang, seiring dengan berkembangnya suatu daerah maka semakin kompleks permasalahan yang ditimbulkan. Transportasi merupakan pergerakan barang dan orang dari tempat satu ke tempat lain dengan tujuan tertentu. Semakin maju perkembangan suatu daerah, semakin besar pula kepentingan masyarakat untuk bertransportasi. Guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, selain berkembangnya sarana angkutan jalan raya yang baik (berupa kendaraan umum), juga perlu meningkatkan prasarana jalan yang ada. Bila tidak diimbangi dengan pelayanan yang memadai bagi pengguna angkutan umum, maka akan mengakibatkan tidak tercapainya tujuan, yaitu meningkatkan pengguna pada jasa angkutan umum.
Masalah pembangunan transportasi, selain pembangunan prasarana dan sarana yang berupa jalan dan kendaraan, juga harus dilengkapi dengan terminal yang merupakan tempat perpindahan moda dari moda satu ke moda yang lain. Terminal Baturaja yang merupakan terminal type A, berfungsi melayani kendaraan umum untuk angkutan antar kota antar propinsi, angkutan antar kota dalam propinsi, angkutan kota, dan angkutan pedesaan. Dari masalah tersebut di atas, maka perlu adanya kajian dan analisis tentang kebutuhan parkir di Terminal Baturaja, yang meliputi parkir bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP), parkir bus Antar Kota 

Dalam Propinsi (AKDP) parkir bus Angkutan Pedesaan (ADES). Berapa luas areal parkir yang dibutuhkan, bagaimana karakteristiknya dan bagaimana solusinya dalam penyediaan areal parkir. Agar pada masa mendatang tidak terjadi kelebihan kapasitas. Penelitian ini diharapkan dapat mengkaji dan menganalisis kebutuhan dan karakteristik parkir, agar kebutuhan kapasitas pakir terpenuhi dan penataan parkir masa mendatang akan lebih baik. Selanjutnya dapat digunakan sebagai acuan untuk penataan parkir pada masa mendatang. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti mencoba mengadakan penelitian agar masalah kebutuhan dan karakteristik parkir di terminal Baturaja tersebut dapat dicari solusinya, sehingga terminal tetap memenuhi standar yang ada. Selanjutnya dapat memperlancar angkutan umum dan lalulintas pada umumnya. Penelitian ini hanya dibatasi pada kebutuhan parkir di Terminal Baturaja, yang meliputi parkir bus AKAP, AKDP, ADES. Masalah transportasi adalah masalah yang perlu segera mendapat perhatian dan penanganan terutama untuk angkutan umum. Guna meningkatkan pelayanan angkutan umum, khususnya masalah di terminal Baturaja, perlu diadakan evaluasi sehingga memenuhi standar. Yaitu seberapa besar kebutuhan dan karakteristik parkir di Terminal Baturaja yang meliputi: model parkir, akumulasi parkir, indek parkir, durasi parkir, volume parkir, dan turn over parkir. Dengan diadakan penelitian ini diharapkan mampu memberikan solusi tentang parkir di Terminal Baturaja, yang selanjutnya aktifitas tersebut menjadi lancar.

0 komentar:

Posting Komentar